Rabu, 28 Desember 2011

Setting Modem Smartfren AC682 di PCLinuxOS



Assalamu'alaiku,,
Alhamdulillah masih disempet untuk nulis lagi, pengen berbagi pengalama di PCLinuxOS.
untuk kali ini pengen berbagi mengenai cara setting modem smartfren di PCLinuxOS. langsung saja ke TKP.

yang dibutuhkan adalah, instal wvdialnya terlebih dahulu.
untuk penginstalan PCLinuxOS sudah menyediakan di Synaptic, silahkan buka synapticnya dengan konek internet wifi atau dengan cara manual mengunduh pakeket wvdialnya silakan gan cekidot download filenya kalo ga salah ada tiga bagian  :

http://kambing.ui.ac.id/pclinuxos/apt/pclinuxos/2010/RPMS.main/libxplc0-0.3.13-4pclos2010.i586.rpm

http://kambing.ui.ac.id/pclinuxos/apt/pclinuxos/2010/RPMS.main/libwvstreams4.6-4.6.1-1pclos2010.i586.rpm

http://kambing.ui.ac.id/pclinuxos/apt/pclinuxos/2010/RPMS.main/wvdial-1.61-1pclos2010.i586.rpm

kalo pake cara yang manual , setelah di unduh paket wvdialnya simpan di Home , masuk ke Terminal-Konsole lalu ketik .
su 

apt-get install wvdial


1. setelah selesai penginstalan, lalu buka konsol/terminal, lalu ketikkan perintah dibawah ini

su  

tekan enter dan masukkan paswword
2. masukkan perintah lsusb untuk mengetahui modem sudah terdetek,

3. Jika masih berstatus ffde, silahkan ketikkan perintah eject /dev/sr1, untuk merubah menjadi ffdd

4. lalu ketikkan perintah kwrite /etc/wvdial.conf dan copykan perintah ini,

[Dialer smart]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Stupid Mode = 1
Modem Type = Analog Modem
Command Line = ATDT
ISDN = 0
New PPPD = yes
Phone = #777
Modem = /dev/ttyUSB0
Username = smart
Password = smart
Baud = 460800

5. lalu ketikkan perintah,,

wvdial smart

tunggu hingga konek seperti gambar di bawah ini.

semoga bermanfaat 
terimakasih....

seumber :